Vitamin Untuk Orang Tua Agar Tidak Mudah Sakit

Sebagian besar alasan orang lanjut usia mengonsumsi suplemen secara rutin adalah untuk memperlambat proses penuaan, tetap fit agar tidak sakit, atau mencegah kekurangan nutrisi. Tak jarang sebagian orang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli vitamin untuk orang tua agar tidak mudah sakit. Namun apakah jenis suplemen yang dibutuhkan orang tua?

Jenis Suplemen yang Dibutuhkan

1. Vitamin D

Orang tua dengan mobilitas terbatas memiliki lebih sedikit kesempatan untuk terkena sinar matahari dan mungkin kekurangan vitamin D. Salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin D.

Suplemen ini baik untuk orang tua. Secara umum, dosis yang dianjurkan adalah 10 mcg per hari. Secara alami, Anda bisa mendapatkan vitamin D dari makanan dan dari paparan sinar matahari selama 10-15 menit di pagi hari (7-8 pagi). Nutrisi ini penting untuk menjaga kepadatan tulang, mempertahankan massa otot, dan mendukung kekebalan tubuh

2. Kalsium

Sumber kalsium bisa didapatkan dari makanan seperti susu, keju, yogurt, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan ikan. Nutrisi ini berfungsi untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat, membantu otot jantung berkontraksi, membantu pembekuan darah. Pada orang tua, kekurangan kalsium dapat membuat tulang menjadi lemah dan mudah patah. Namun, suplemen kalsium untuk lansia hanya diperlukan jika asupan kalsium dari makanan tidak dapat terpenuhi.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin untuk orang tua agar tidak mudah sakit dengan mekanisme yang agak kompleks. Untuk penyerapan yang tepat di usus, vitamin B12 harus terlebih dahulu berikatan dengan zat yang disekresikan oleh lambung.

Pada orang tua dengan masalah pencernaan (terutama lambung dan usus), penyerapan vitamin B12 mungkin terganggu. Akibatnya, tubuh kekurangan vitamin B12 yang menyebabkan anemia, kesemutan, gangguan saraf dan iritasi pada lidah. Salah satu sumber vitamin B12 terbaik adalah daging.

4. Vitamin B6

Kadar vitamin B6 yang cukup dalam tubuh dapat membantu menjaga daya ingat pada orang dewasa yang telah berumur. Kecukupan vitamin B6 diharapkan dapat membantu populasi yang menua. Tentu saja, ini harus mencakup berbagai kegiatan sehari-hari yang melatih otak Anda. Vitamin B6 alami dapat diperoleh dari makanan seperti hati, salmon, tuna, mackerel dan sarden.

5. Magnesium

Magnesium juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Magnesium juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Hal ini penting bagi orang tua yang sering mengalami kadar gula darah tinggi, terutama mereka yang mengidap diabetes. Magnesium bisa didapat dari makanan seperti kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

Jika memang membutuhkan vitamin untuk orang tua agar tidak mudah sakit namun tidak ingin repot, Anda bisa menambahkan 1-2 gelas Boost Optimum di menu harian Anda. Boost Optimum memiliki kandungan protein whey, probiotik, vitamin dan mineral yang lengkap untuk mendukung gaya hidup orang tua.