Tips Membangun Rumah Minimalis Dengan Budget Pas

Rumah minimalis merupakan salah satu model  arsitektur modern yang mengedepankan esensi dan mengusung nilai-nilai yang lebih fungsional. Untuk penduduk kota, rumah jenis ini biasanya terdiri dari beberapa lantai. Namun secara umum, konsep rumah minimalis satu lantai dan rumah minimalis dua lantai memiliki ciri yang sama, yaitu  kesederhanaan  bentuk dan fungsi, dengan interior ruang terbuka dan dekorasi minimalis  sederhana. Aplikasi warna cat  rumah minimalis ini cenderung lebih berwarna dan menggunakan warna-warna pastel. Semua fitur ini juga berarti bahwa semakin sedikit detail yang ditampilkan, semakin sedikit  waktu dan anggaran yang dibutuhkan. Lantas, bagaimana cara membuat rumah minimalis modern dengan budget pas-pasan? Simak 6 tips berikut ini!

Cek harga paving per meter disini!

Merencanakan Dengan Tepat

Langkah pertama dalam membangun rumah  minimalis adalah memulai dengan perencanaan yang baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari ukuran bangunan hingga tujuan penyelesaiannya. Adanya perencanaan yang tepat dan hati-hati mengendalikan terjadinya kesalahan selama pengembangan. Pasalnya, jika rencana ini tidak sesuai dengan rencana,  akan berdampak buruk pada anggaran yang ada.

Menggunakan Material Lokal

Menggunakan material lokal adalah salah satu cara termurah untuk mengurangi anggaran pembangunan. Pasalnya, kualitas bahan baku dalam negeri tidak kalah dengan yang diproduksi di luar negeri. Harga yang ditawarkan pun lebih murah.

Pilih Tukang Secara Selektif

Tukang bangunan atau tukang kayu adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak uang. Oleh karena itu, Anda perlu selektif dalam memilih pekerja. Tidak ada salahnya mencari pengrajin terampil yang berkualitas namun  terjangkau.

Hitung Bahan Tiap Unit

Penghematan lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghitung setiap item yang diperlukan, seperti denah rumah, spesifikasi bahan dan gaji seorang pengrajin yang terampil. Jangan lupa untuk menambahkan PPN 10% ke anggaran konstruksi.

Lakukan Riset Harga

Membangun rumah minimalis dengan anggaran terbatas berarti  rajin meneliti harga bahan bangunan dan alokasi dana lainnya. Jangan ragu untuk masuk dan keluar dari toko perlengkapan bangunan untuk mendapatkan bahan termurah.

Membangun secara bertahap

Akhirnya, tip minimalis yang tidak boleh diabaikan adalah membangun secara bertahap. Sebagai pemilik, Anda tidak perlu menunggu uang terkumpul dan menutupi semua anggaran yang diperlukan. Proses konstruksi harus dilakukan secara bertahap, mulai dari konstruksi pondasi, konstruksi bangunan, hingga pemasangan atap. Meski akan memakan waktu lebih lama, cara ini akan memberikan kesempatan bagi Anda yang ingin lebih fokus. Pendanaan juga lebih sering dan terkendali.

Dalam Beberapa konsep penggunaan pintu kaca tempered bisa Anda terapkan dalam konsep desain minimalis tersebut, karena selain bahan kaca yang lebih kuat, kaca tempered terlihat lebih bagus dalam hal desain apabila dibandingkan dengan kaca biasa.