Resep Jus Buah Semangka Enak dan Mudah Dibuat

Jus merupakan minuman yang bisa dibuat dari banyak bahan yang diinginkan dan disukai. Salah satunya dari buah semangka yang akan menghasilkan rasa manis dan segar. Buah semangka bisa dikonsumsi secara langsung dengan kandungan air tinggi sehingga bagus untuk dimakan saat cuaca panas karena dapat menyegarkan. Selain itu, buah ini bisa juga bisa dikonsumsi dengan dibuat jus yang dapat menjadi minuman enak sekaligus sehat.

Resep Mudah Membuat Jus Semangka

Membuat jus semangka mempunyai langkah yang mudah seperti pada membuat jus lainnya. Adapun untuk bahan yang diperlukan agar membuat jus semangka yang lezat adalah:

  • Siapkan bahan utamanya yaitu semangka sebanyak 500 gram.
  • Siapkan juga bahan sirup vanilla sesuai kebutuhan, tetapi idealnya gunakan 3 sdm saja. Siapkan juga bahan air perasan lemon 1 sendok makan. Bahan ini bisa membuat rasanya menjadi lebih segar tetapi sifatnya opsional sehingga bisa untuk dilewati.
  • Terakhir tentunya siapkan air matang sebanyak 200 ml.

Bahan tersebut bisa disiapkan untuk membuat 4 porsi semangka, sehingga bisa dikonsumsi untuk diri sendiri dan juga teman atau keluarga di rumah. Waktu membuatnya juga cepat untuk menyiapkan bahan hingga jus semangka yang enak jadi hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Adapun cara pembuatan jus semangka enak dan mudah bisa mengikuti 3 langkah mudah berikut ini:

  1. Pertama tentu saja potong semangka kotak-kotak 3×3 cm sehingga akan mudah untuk menghaluskannya kemudian. Masukkan potongan semangka tersebut ke dalam mangkuk yang telah disiapkan dan tutup menggunakan plastik wrap agar tetap higienis dan tidak terdapat kuman. Hal ini juga akan efektif karena bahan tersebut akan disimpan di dalam freezer selama 1-2 jam.
  2. Setelah 1-2 jam maka keluarkan semangka dari freezer dan siapkan dengan bahan lainnya. Di dalam blender yang disiapkan masukkan bahan semangka beku, sirup vanilla, dan perasan air lemon. Nyalakan blender hingga menghaluskan bahan jus semangka dengan merata.
  3. Tuang jus semangka tersebut ke dalam gelas dan tambahkan dengan es batu agar lebih segar. Nikmati jus semangka selagi dingin dan masih bisa disimpan kembali di dalam kulkas.

Tips Membuat Jus Semangka

Ketika akan membuat jus semangka seperti di atas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga hasil yang akan didapatkan bisa lebih nikmat dan juga sehat. Beberapa tips tersebut adalah:

  • Pertama adalah dengan memilih semangka tanpa biji. Hal ini akan lebih membuat semangka jus semangka dengan mudah karena tidak mengeluarkan biji semangka yang akan memakan waktu.
  • Pastikan juga untuk memilih semangka dengan rasa yang manis sehingga bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum akan dibuat jus semangka.
  • Agar lebih segar, Anda bisa mengganti air putih biasa dengan air kelapa.
  • Apabila tidak mempunyai sirup vanila tetap bisa untuk menggunakan simple syrup atau sirup gula bahkan madu untuk rasa manis.
  • Akan lebih baik untuk menghindari memberikan gula sebagai pemanis jus semangka.

Ketika akan membuat jus semangka juga pilih semangka yang segar sehingga mempunyai rasa manis yang enak. Untuk mendapatkan semangka yang cocok dibuat jus, Anda bisa membelinya di TaniHub yang menyediakan potongan buah semangka segar yang bisa dibeli dengan mudah. Potongan semangka dari TaniHub cocok untuk dibuat jus, dimakan secara langsung, dan juga dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya karena menawarkan buah yang dijamin segar dan rasa manis.