Potret Perkembangan Daihatsu Terios Di Indonesia

Alat transportasi merupakan sebuah kendaraan yang dapat dipakai dalam membantu segala aktifitas terutama saat ingin berangkat bekerja. Di Indonesia sebuah transportasi sudah tidak jarang lagi, bahkan rata-rata masayarakat indsonesia mempunyai alat transportasi dalam membantu segala aktifitas saat ingin berpergian ke suatu tempat. Keadaan yang semakin serba canggih menjadi faktor penting dalam perkembangan transpootasi atau sebuah kendaraaan.  Salah satu jenis transportasi yang sering dilihat adalah sebuah kendaraan roda empat atau mobil. Mobil merupakan sebuah bentuk alat transportasi yang digunakan untuk membawah sejumlah orang didalamnya dan membantu dapat terhindar dari sengatan panas matahari serta kehujanan saat sedang turun hujan.

Semakin berjalanya waktu, mobil sudah mengalami banyak sekali perubahan terutama pada segi kelengkapan yang ada pada mobil. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba menciptaka sebuah mobil yang dilengkapi mesin dan menciptakan sebuah desain mobil yang mewah agar bisa menarik dan menjadi daya tarik bagi para calon customer. Salah satu jenis perusahaan otomotif yang sudah lama ada di Indonesia adalah perusahaan Daihatsu. Daihatsu merupakan sebuah perusahaan mobil tertua yang ada di jepang yang didirikan pada 1 maret 1951, Daihatsu merupakan sebuah produsen mobil dengan ukuran yang kecil akan tetapi mempunyai kesan nyaman pada siapapun yang menggunakanya. Di Indonesia produk Daihatsu sudah mempunyai banyak sekali peminat dan menjadi salah satu jenis mobil pilihan keluarga yang banyak dicari dan diburu.

 Dalam perkembanganya, Daihatsu mencipatakan sebuah produk mobil andalan yang menyerupai SUV, produk tersebut diberi nama Daihatsu terios atau sebuah produk dari perusahaan Daihatsu yang bekerjasama dengan perusahaan Toyota. Meskipun produk yang dihasilkan dari sebuah kolaborasi yang dilakukan antara perusahaan Daihatsu dan Toyota, namun produk dan prekembangan Daihatsu terios diserahkan pada Daihatsu sepenuhnya. Daihatsu terios pertama lahir di Indonesia tepat pada akhir 2006 pada akhir bulan desember. Dengan lahirnya Daihatsu terois berteptan dengan berkahirnya era Daihatsu taruna. hadirnya Daihatsu terios di Indonesia menjadi pengganti era taruna yang sudah terlebih dahulu berada di Indonesia.pada masa itu perusahaan Daihatsu dan Toyota ingin memenuhi kebutuhan para konsumen di Indonesia yang menginginkan sebuah mobil SUV dengan harga yang terjangkau. Dalam proses perkembangan mobil Daihatsu terios mengalami beberapa perubahan. Adapun bebrapa perubahan Daihatsu terios diantaranya

  • Generasi pertama
  • Generasi kedua all new terios

1. Generasi pertama

Pada generasi pertama Daihatsu terios di jepang diciptakan dengan model yang sama dengan desain mobil BE-GO, mobil Daihatsu sudah dipasarkan pada sejumlah wilayah di dunia termasuk salah satunya di Indonesia, Indonesia merupakan sebuah pasar yang dijadikan tempat penjualan produk Daihatsu karena mempunyai potensi besar yang dapat berpengaruh terhadap jumlah pesanan dan minat produk Daihatsu yang masih meningkat. Hal itu membuat perusahaan Daihatsu menciptakan sebuah mobil jenis SUV yang mempunyai ukuran 14 cm lebih  panjang dari BE-GO atau mobil dari perusahaan Daihatsu yang dip[asarkan di jepang. Perusahaan Daihatsu menciptakan sebuah mobil yang mempunyai ukurann yang lebih panjang karena ingin membuat konsumen Daihatsu di Indonesia merasa lebih nyaman dan lebih merasa puas, karena produk Daihatsu dengan ukuran yang lebih panjang mempunyai jumlah kapasitas tamping sejumlah 7 orang.

2. Generasi kedua all new terios

Pada generasi ini Daihatsu membuat sebuah desain yang sangat berbeda dengan desain sebelumnya. Jenis perubahan desain yang paling meoinjol adalah dengan merubah posisi ban serep yang awalnya pada belakang mobil dipindah pada bagian bawah mobil yang menjadi berat mobil akan menjadi semakin berat.namun dibagian geerasi kedua ini Daihatsu mengalami sejumlah perubahan yang terutama pada bagian penambahan jenis kecepatan dan membuat mesin Daihatsu lebih halus serta membuat kesan nyaman pengguna saat mengendarai mobil Daihatsu terios.