Pengertian Crowdfunding dan Keuntungannya

Apa itu crowdfunding? Crowdfunding atau urun dana adalah penggunaan sejumlah kecil modal dari sejumlah besar individu untuk membiayai usaha bisnis baru.Umumnya, penggalangan dana ini dilakukan melalui internet.

Mengutip dari Investopedia, crowdfunding memanfaatkan aksesbilitas yang mudah dari jaringan luas melalui media sosial dan situs web crowdfunding untuk menyatukan investor dengan pengusaha. Selain itu, aksesbilitas ini memiliki potensi untuk meningkatkan kewirausahaan dengan memperluas kumpulan investor yang darinya dana dapat dikumpulkan di luar lingkaran tradisional pemilik, kerabat, dan pemodal ventura.

Tak semua investor diizinkan untuk mendanai bisnis baru. Di Amerika Serikat, crowdfunding dibatasi oleh peraturan tersebut dan besaran kontribusi mereka pun dibatasi.

Mirip dengan pembatasan pada investasi dana lindung nilai, peraturan ini seharusnya melindungi investor baru atau yang tak memiliki cukup banyak dana untuk memberikan dana guna menghindari risiko. Karena, begitu banyak bisnis baru yang gagal, dan investor juga menghadapi risiko tinggi kehilangan prinsipal mereka.

Penggalangan dana ini telah menciptakan peluang bagi para pengusaha untuk mengumpulkan ratusan ribu atau bahkan jutaan dolar dari siapa saja yang memiliki uang untuk berinvestasi.

Crowdfunding juga menyediakan forum bagi siapa saja yang memiliki ide dan langsung disaksikan oleh investor yang menanti untuk mendanainya.

Keuntungan Crowdfunding

Bagi penerima dana, sistem pendanaan melalui equity crowdfunding Indonesia memberikan beberapa keuntungan, yakni:

  1. Mudah, karena dilakukan online

Crowdfunding dilakukan secara online sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan dana. Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot menghubungi calon penanam modal untuk mendanai usaha Anda.

Hanya dengan proposal usaha yang Anda lampirkan di situs, investor akan meliriknya untuk memberikan dana. Terlebih lagi jika proposal Anda memilliki prospek yang jelas.

  1. Suku Bunga Kompetitif

Suku buka bagi pelaku bisnis yang ditawarkan oleh crowdfunding begitu kompetitif. Kisaran bunganya dari 6,48% hingga 17% per tahun dan bersifat flat.

  1. Prosesnya mudah

Jika Anda mendaftar di situs crowdfunding, Anda tak akan merasa kesulitan. Karena proses yang ditawarkan mudah, singkat, dan tentu saja aman. Tak membutuhkan waktu yang lama, data yang Anda unggah pun dijamin tak dapat dibobol oleh siapapun. Sebab, keamanannya telah dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

  1. Tak ada uang muka atau jaminan

Pelaku bisnis tak dibebankan oleh uang muka dan jaminan untuk mendapatkan modal. Platform crowdfunding benar-benar hanya menjadi wadah. Selagi pelaku bisnis sanggup membayar modal yang diberikan, proses pendanaan pun akan tetap berjalan lancar sesuai kesepakatan di awal.