Oli Untuk Perawatan Mobil Domestik

Ada berbagai jenis pelumas untuk mobil Anda. Jenis pertama adalah jenis pelumas biasa (standar). Pelumas ini tidak memiliki kualitas atau keistimewaan khusus yang membuatnya lebih unggul dari jenis pelumas lainnya. Kebetulan itu adalah jenis pelumas standar. Hal ini sebagian besar digunakan dalam mobil dan sepeda motor, dan datang dalam berbagai viskositas, cairan, dan formulasi Farmasi. Saat memilih oli untuk mobil, prinsip yang sama berlaku seperti oli untuk perawatan sepeda motor: pilih jenis pelumas yang tepat berdasarkan mesin mobil Anda.

Formulasi Khusus

Ada lagi jenis oli mobil yang telah diformulasikan secara khusus untuk meningkatkan performa dan efisiensi mesin. Jenis ini disebut sebagai minyak gemuk khusus untuk mesin mobil Anda. Ini terdiri dari bahan-bahan sintetis dan mengandung beberapa karakteristik ilmiah yang penting. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut:

Ini berisi karakteristik yang disebutkan di atas. Namun berbeda dengan oli konvensional untuk sepeda motor, pelumas jenis ini tidak memiliki karakteristik performa yang prima. Ini sebenarnya adalah jenis pelumas biasa. Artinya tingkat keefektifannya tergantung pada derajat pemakaiannya. Misalnya, jika Anda menggunakannya setiap minggu atau bahkan setiap hari, Anda tidak akan mengalami keuntungan besar dalam efisiensi mesin Anda.

Pelumas Sintetis

Oli yang disebutkan di atas untuk pelumas mobil juga merupakan pelumas sintetis. Ini berarti mengandung minyak alami dengan sifat-sifat yang dibutuhkan mesin agar berfungsi dengan baik. Ini adalah pelumas yang unggul, lebih tahan lama, dan lebih ekonomis daripada jenis minyak konvensional. Selain itu, ada manfaat lain. Secara khusus, pelumas ini meningkatkan kinerja mesin Anda tanpa menambah bobot mesin atau memerlukan perawatan khusus.

Jenis lain dari oli untuk motor adalah oli sintetis. Oli jenis ini dibuat khusus untuk motor yang bersangkutan. Ini mengandung zat yang berubah dengan suhu dan tekanan minyak. Karena direkayasa secara kimia, oli tetap stabil saat diservis. Selain itu, jenis oli ini memiliki kapasitas yang sangat baik untuk melindungi motor Anda dari kerusakan internal dan eksternal, yang berarti memberikan layanan yang aman bahkan pada suhu mesin yang tinggi.

Pelumas Seri Premium

Selain itu, oli sintetis untuk mobil telah terbukti jauh lebih aman daripada pelumas seri premium. Saat digunakan, mereka melindungi mesin dari benturan poros yang tiba-tiba dan tidak terprovokasi, yang biasa terjadi pada mengemudi kecepatan tinggi. Mereka juga menjaga minyak agar tidak menguap pada suhu yang sangat tinggi, serta kerusakan mendadak pada mesin Anda. Untuk alasan ini, sebagian besar ahli akan mengatakan bahwa pelumas ini jauh lebih baik daripada pelumas seri premium, terutama dalam hal mempertahankan umur mesin Anda.

Oli Rosin

Jenis oli lain untuk mobil yang mungkin ingin Anda pertimbangkan adalah oli rosin. Minyak rosin bekerja seperti minyak, tetapi bukannya diklasifikasikan sebagai minyak, itu diklasifikasikan sebagai minyak. Pelumas ini, seperti namanya, dibuat dengan mengoleskannya pada sepotong kulit. Dengan demikian, minyak dibuat untuk menembus jauh ke dalam kulit. Alasan mengapa minyak ini disebut sebagai minyak “rosin” adalah bahwa setelah menembus jauh ke dalam kulit Anda, itu membuat mobil Anda bersinar seperti baru. Banyak yang mengira bahwa oli ini berbeda dengan pelumas seri premium, tetapi pada kenyataannya sangat mirip.

Satu hal yang harus Anda ketahui tentang oli untuk mobil domestik adalah bahwa mereka bervariasi sesuai dengan viskositasnya. Oli yang Anda gunakan pada mesin mobil Anda tergantung pada viskositasnya. Jika Anda menggunakan oli biasa yang tersedia di hampir setiap bengkel lokal, mesin Anda akan menjadi terlalu berminyak. Sebaliknya, jika Anda menggunakan oli sintetis yang disebutkan sebelumnya, mesin Anda akan menjadi terlalu kering. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memilih jenis pelumas yang tepat untuk kendaraan Anda, sesuai dengan viskositasnya.

Untuk Anda yang membutuhkan bengkel tune up mobil di Jakarta timur bisa mendatangi bengkel terdekat dan melakukan tune up mobil kesayangan Anda.