Mengetahui Makna Filosofis Gunungan Wayang yang ada di Pertunjukkan Wayang

Wayang merupakan salah satu warisan budaya asli dari Indonesia yang masih ada hingga saat ini. Pertunjukkan wayang masih sering dipertontonkan di beberapa channel baik secara daring maupun luring

Salah satu properti yang digunakan dalam pertunjukkan wayang yaitu gunungan wayang. Ada banyak sekali makna dibalik gunungan wayang yang sering dibawakan oleh dalang.

Gunungan pada wayang bisa Anda peroleh di market place dengan mudah. Berikut ini adalah makna dan fungsi dari gunungan yang ada di pertunjukan wayang.

Arti Filosofis Gunungan Wayang

1. Lambang Keadaan dunia

Gunungan pada wayang bisa menjadi salah satu simbol yang bermakna lambang keadaan dunia. Gunungan biasanya beragambar gunung dan hutan belantara.

Gunungan pada wayang melambangkan keadaan dunia dan memasuki babak cerita. Gunungan akan diletakkan pada bagian pinggir atau disebelah kanan setelah memasuki babak cerita.

2. Lambang Api dan Angin

Pada pertunjukkan wayang, ketika membangu suatu suasana, dalang juga menggunakan gunungan saat mengganti lakon atau pemeran. Tak jarang, dalang menggunakan gunungan ketika menceritakan suatu kisah yang memiliki elemen api maupun angin.

Biasanya, gunungan yang digunakan yaitu gunungan disebelah kiri. Gunungan biasanya akan ditambahkan visualisasi merah saat akan digunakan untuk melambangkan api.

3. Lambang Hutan Rimba

Gunungan pada wayang juga memiliki makna sebagai hutan rimba. Pasalnya, benda yang satu ini didesain dengan corak berupa hutan rimba dan adanya corak pepohonan.

Gunungan yang melambangkan hutan rimba juga bisa menggiring suasana cerita ketika suatu adegan terjadi di hutan rimba. Misalnya saja, ketika terjadi insiden perang maupun saat adanya kejahatan.

4. Lambang Kebijakan

Gunungan juga memiliki arti dan makna yang sangat filosofis. Gunungan memiliki makna filosofis yang sangat tinggi. Sehingga gunungan juga dianggap sebagai suatu benda yang melambankan kebijakan.

Tak hanya itu saja, gunungan juga melambangkan bagaimana seseorang menjalankan kehidupan berdasarkan tuntutan moral yang ada.

5. Simbol Moral yang Baik

Gunungan memiliki corak yang cukup banyak. Corak-corak yang ada di gunungan bergambar laut atau samudra, raksasa yang mejaga pintu gerbang dan gambar beberapa hewan. Simbol-simbol ini memiliki arti tersendiri dan menggambarkan moral yang sangat baik.