Mengenal Jenis-jenis Algoritma Google untuk Optimasi Website

Algoritma Google merupakan sebuah system yang dirancang untuk memecahkan berbagai masalah melalui bahasa pemrograman computer. Artinya, algoritma bisa disebut sebagai otak dalam sebuah search engine.

Algoritma juga akan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Factor perkembangan teknologi dan kebutuhan menjadi beberapa alasannya. Hal itulah yang kemudian memunculkan banyak jenis algoritma sekaligus.

Jika diperhatikan, beberapa jenis algoritma atau rumus tersebut memiliki peran sendiri-sendiri. Supaya Anda bisa memahaminya lebih jelas, maka perhatikan ulasan mengenai jenis-jenis algoritma berikut ini.

Beberapa Macam Algoritma Google yang Perlu Diketahui

Saat ini, ada puluhan jenis yang bisa Anda temukan. Namun, mungkin Anda tidak menyadari jenis algoritma apa yang paling popular. Berikut ulasannya supaya Anda mampu memahaminya dengan lebih jelas.

  1. Google Panda

Ada yang unik dari search engine terbesar di dunia ini. Kebanyakan algoritma dinamakan dengan nama hewan, salah satunya adalah Panda. Ini dimulai pada awal 2011 dengan penyempurnaan pada 2015.

Tugasnya adalah melakukan pemantauan serta melakukan filter untuk konten dengan kualitas rendah. Sejak saat itu, para blogger dituntut untuk menyediakan konten berkualitas lewat jasa backlink PBN.

  1. Google Venice

Venice dibuat untuk menyesuaikan besarnya pengguna search engine dari seluruh dunia. Dengan Venice, maka setiap orang bisa mendapatkan hasil penelusuran dari lokasi terdekatnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Untuk memberikan penelusuran tersebut, Google akan menggunakan IP Address pengguna. Dengan begitu, semua hasil penelusuran akan menampilkan sesuatu yang dekat dengan IP Address pengguna search engine.

  1. Google Penguin

Selanjutnya adalah Penguin di mana algoritma ini menjadikan persaingan di dunia search engine jadi lebih adil. Kehadirannya pada tahun 2012 sempat membuat banyak orang terkejut, terutama bagi SEO blackhat.

Dengan adanya rumus ini, maka blogger serta webmaster perlu menyesuaikan dengan spam blacklink hingga over optimasi. Maka, sangat penting menggunakan jasa backlink PBN untuk menghindari hal tersebut.

  1. Google Pirate

Pirate dirancang untuk menyeimbangkan website supaya tidak mendominasi hasil pencarian. Biasanya, website streaming hingga download film secara gratis adalah beberapa website yang paling terkena pengaruh oleh Pirate.

Hadirnya Pirate juga memungkinkan beberapa pihak untuk melaporkan website illegal yang telah menyebarluaskan konten tanpa izin. Pengguna bisa melaporkannya ke Digital Millenium Copyright Act atau DMCA.

  1. Google Hummingbird

Jika diperhatikan dari fungsinya, algoritma Google Hummingbird mungkin adalah versi sempurna dari beberapa algoritma pendahulunya. Hummingbird pertama kali dirilis pada tahun 2013 dengan memiliki fokus khusus.

Adanya, Hummingbird akan membuat persaingan dalam dunia SEO benar-benar adil. Hummingbird akan membantu menemukan konten yang paling relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna Google.

  1. Google Pigeon

Hadirnya Pigeon sebenarnya memberikan manfaat besar bagi pemilik bisnis local. Pigeon akan membantu bisnis tersebut untuk ditemukan oleh pengguna. Ada parameter khusus yang akan membantu berdasarkan lokasi penggunanya.

Sebagai contoh, jika Anda mengetikkan “rumah makan”, maka akan muncul beberapa daftar rumah makan dalam bentuk Gmaps. Artinya, Anda bisa menemukan rumah makan paling dekat dengan lokasi saat ini.

  1. Google Possum

Setelah muncul Rankbrain, Google memunculkan algoritma baru bernama Possum. Hadirnya Possum juga membuat persaingan jauh lebih dinamis. Semua website memiliki kesempatan yang sama untuk muncul pada halaman pertama pencarian.

Possum memiliki fokus untuk mengoptimalkan hasil penelusuran local. Parameternya adalah lokasi serta kata kunci yang telah dituliskan oleh pengguna pada kolom pencarian milik search engine.

Kehadiran berbagai algoritma membuat kebutuhan optimasi sangat penting. Untuk itu, Anda bisa menggunakan jasa SEO backlink dari Cv. Exito Bali. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan setiap algoritma Google untuk meningkatkan peringkat dengan jasa kami.