Mengenal Hand Winch yang Dapat Diandalkan

Hand Winch merupakan jenis winch yang digerakkan menggunakan tenaga manusia secara manual. Fungsi utama alat ini adalah untuk mengangkat atau menarik beban. Oleh karena itu tidak memiliki komponen otomatisasi ataupun sistem elektrik. Dapat membantu untuk lifting dan towing sehingga lebih mudah.

Komponen Hand Winch Manual

Pada setiap tipe terdiri dari beberapa komponen inti yaitu wire drum, pawl system serta tuas penggerak. Masing-masing memiliki fungsi penting dan berbeda. Berikut ulasan lengkap!

1. Wire Drum

Komponen ini berfungsi sebagai tempat untuk melilitkan tali atau strap yang digunakan untuk menarik beban. Umumnya tali yang terdapat pada hand winch dilengkapi dengan hook pada ujungnya. Ini dilengkapi dengan pengaman (latch) agar beban tidak mudah terlepas saat dipindahkan. Fungsi lainnya adalah untuk mengaitkan beban lalu dipindahkan dengan hand winch manual.

2. Pawl Sistem

Komponen ini merupakan pengunci tali dan digunakan saat barang akan dikaitkan atau dilepas dari hook. Pergerakan tali jadi lebih terkunci dengan sistem lapisan anti karat. Sistem ini akan memastikan barang dipindahkan dengan aman.

3. Tuas Penggerak

Komponen ini menjadi pembeda antara hand winch dengan jenis alat lainnya. Tuasnya digunakan untuk menarik serta melepaskan beban yang sebelumnya dikaitkan pada tali. Tuas ini dapat berputar hingga 360 derajat dan dilengkapi dengan handle agar penggunaannya menjadi lebih mudah.

Kelebihan Hand Winch 

Hand winch manual disini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh electric winch. Alat ini menawarkan durasi pemakaian yang lama karena disertai konstruksi yang kuat. Jenis ini dilengkapi dengan lubang yang berfungsi untuk memasang winch pada media yang diinginkan.

Jenis ini paling mudah digunakan karena bobotnya yang ringan dan mudah dipasang. Desain rangka yang kuat untuk menahan beban dan juga mudah diakses di berbagai tempat menjadi keunggulan alat ini. Desain yang dihasilkan dari material berkualitas dan mampu menarik beban hingga satu setengah ton.

Kapasitas ini menunjukkan bahwa keamanannya cukup tinggi apalagi dengan adanya sistem penguncian. Terdapat lapisan lilin pada bagian yang merupakan proteksi terhadap korosi atau goresan. Selain lapisan luar lapisan ini juga melindungi komponen pengereman.

Sistem pengereman dapat berjalan dengan lancar tanpa harus kuatir berkarat ataupun mengurangi keamanan. Desainnya dipastikan agar nyaman dipegang mesti menarik beban yang berat. Gerakannya meminimalkan tangan kelelahan saat tuas diputar.

Produk Winch Berkualitas

Perbedaan tipe pada produk ini diantaranya pada jenis tali yang digunakan, kapasitas tarik dan juga angka maksimal yang dihasilkan. Tipe tali yang digunakan dapat bervariasi misalnya webbing strap, nilon rope atau wire rope. Pada masing-masing terdapat diameter kawat seling yang dianjurkan untuk diaplikasikan.

Varian hand winch manual mulai dari kapasitas 300 kg hingga sampai 3 ton, bahkan ada pula dengan kapasitas lebih besar. Namun untuk perawatan masih cukup mudah dan solid meskipun digunakan beberapa tahun. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat disesuaikan dengan kapasitasnya.

Itulah sekilas mengenai hand winch yang bisa memudahkan pekerjaan saat digunakan. Dengan mengenal alat ini maka dapat menggunakannnya sesuai dengan kapasitas. Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran penggunaan dan pemilihan yang tepat.