Kegunaan Kertas A4 yang Perlu Anda Ketahui

 

Para pelanggan yang sering mencetak buku tentu sudah tidak asing lagi dengan kegunaan kertas A4. Karena ukuran kertas ini termasuk yang paling sering digunakan untuk mencetak berbagai jenis naskah atau dokumen. Berikut ulasan tentang kertas A4 yang perlu Anda ketahui berikut fungsinya:

Fungsi Kertas A4

Kertas A4 termasuk jenis kertas yang banyak disediakan di jasa cetak buku karena sering digunakan oleh para pelanggan. Ukuran detail dari jenis kertas ini adalah 21,0 x 29,7 cm. Anda bisa menggunakan kertas ini untuk berbagai kebutuhan. Berikut beberapa di antara fungsi kertas A4:

1. Media Cetak Berbagai Jenis Dokumen

Tak bisa dipungkiri bahwa kertas A4 termasu yang paling banyak digunakan untuk mencetak berbagai jenis dokumen. Biasanya ukuran kertas ini juga sering menjadi format default di Microsoft Word.

Contoh jenis dokumen yang sering dicetak dengan menggunakan kertas A4 seperti tugas akhir atau skripsi, tugas harian, buku materi pelajaran, surat tugas, fotokopi, dan masih banyak lagi.

2. Media Menggambar

Selain sebagai media untuk menceta berbagai jenis dokumen, Anda juga bisa menggunakan kertas A4 sebagai media menggambar alternatif terutama untuk anak-anak. Hal ini dikarenakan ukurannya tidak terlalu besar sehingga sangat pas dan sesuai jika digunakan anak kecil untuk menggambar.

Apalagi di pasaran sudah banyak buku menggambar dengan ukuran A4 yang bisa Anda beli sesuai dengan kebutuhan.

3. Mencetak Selebaran

Poster, katalog, selebaran, dan sejenisnya juga banyak dicetak dengan menggunakan kertas A4. Ukuran minimalis A4 dinilai sangat sesuai untuk menunjang acara dengan membagikan selebaran. Selain itu, tentu penggunaan kertas A4 ini juga cenderung lebih hemat jika digunakan untuk menyebar informasi.

Ada banyak sekali jenis kertas yang menggunakan ukuran A4 dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari HVS, Ivory, Buffalo, art paper, dan masih banyak lagi. Setiap jenis kertas memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing.

Kegunaan kertas A4 di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menentukan apakan kebutuhan dokumen atau naskah yang ingin dicetak sudah sesuai dengan ukuran kertas tersebut.