Jenis-Jenis Fintech yang Ada di Indonesia

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan bertumbuhnya perusahaan start up. Maka, akan semakin besar pula perkembangan fintech di Indonesia. Penerapan fintech di Indonesia juga diatur oleh pemerintah melalui penerbitan regulasi Bank Indonesia.

Jenis Fintech

Perkembangan fintech di Indonesia ini mengakibatkan munculnya berbabagi jenis inovasi atas produk fintech. Hal ini berguna untuk membantu aktivitas keuangan dan menunjang kehidupan dari masyarakatnya. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis fintech yang berkembang di Indonesia.

  1. Peer to Peer Lending

Jenis fintech peer to peer lending ini merupakan jasa keuangan yang menyediakan peminjaman dana untuk modal usaha. Adanya jenis fintech ini akan membantu para pelaku usaha agar bisa memperoleh modal usaha dengan cepat secara online.

Namun, Anda tetap harus waspada dengan fintech iegal yang beprotensi menipu nasabahnya. Pastikan Anda sudah memilih pinjaman online yang terbukti legal. Anda juga bisa mengecek keabsahan perusahaan fintech tersebut di laman resmi OJK.

  1. Crowdfunding

Crowdfundng merupakan produk fintech yang mrupakan sebuah platform untuk mempertemukan pihak yang memerlukan dana dengan pihak penyedia dana. Tujuannya adalah agar transaksi bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Crowdfunding tidak hanya bisia dimanfaatkan dalam pengumpulan donasi saja, melainkan juga bisa digunakan untuk mengembangkan usaha dalam menemukan investor yang tepat.

  1. E-wallet

Produk fintech e-wallet ini berberpan untuk menyediakan tempat untuk menyimpan uang secara elektronik bagi para penggunanya. Tujuan dari produk fintech ini adalah untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan pencairan dana untuk transaksi di aplikasi lain.

  1. Micro Finance

Micro finance merupakan layann perusahaan fintech yang bisa membantu masyarakat kelas menengah ke bawah untuk menunjang kehidupan dan keuangannya melalui penyedia layanan finansial.

Selain jenis fintech yang sudah disebutkan diatas, ada juga jenis fintech lainnya yang perlu Anda ketahui, yakni payment gateway, investasi, dan bank digital.

Agar Anda bisa memilih jenis Fintech Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka Anda bisa mencari informasi legkapnya melalui Dunia Fintech. Mengapa harus Dunia Fintech? Karena Dunia Fintech merupakan wadah informasi yang berisikan tentang fintech secara lebih lengkap dan lebih luas.