Fintech Syariah yang Menawarkan Produk Mudharabah

Teknologi finansial atau yang juga dikenal dengan fintech adalah inovasi layanan keuangan menggunakan teknologi supaya masyarakat bisa mengakses produk keuangan dengan mudah. Dalam berita fintech Indonesia menerangkan tentang fintech syariah yang menawarkan produk mudhabarah. Salah satu perusahaan yang menjalankannya adalah Ammana.

Sekilas Tentang Akad Mudhabarah

Mudhabarah diambil dari istilah dharab yang berarti berjalan atau memukul. Yang dimaksud dengan berjalan atau memukul yaitu proses seseorang saat memukulkan kaki mereka untuk menjalankan usaha. Adapun secara teknis, mudhabarah merupakan akad kerjasama bisnis bagi dua belah pihak yang mana pihak pertama memberikan 100% modal dan pihak kedua menjalnkan usahanya.

Hasil keuntungan dari usaha tersebut akan dibagi berdasarkan kesepatakan sebelumnya. Jika terjadi kerugian maka pihak pertamalah yang akan menanggung semua kerugian tersebut dalam catatan tidak diakibatkan karena kelalaian dari pihak kedua.

Jika kerugian tersebut diakibatkan karena kelalaian dari pihak kedua, maka yang akan menanggung kerugian adalah pihak kedua.

Rincian Skema Ammana Fintech Syariah yang Menawarkan Produk Mudhabarah

  • Calon penerima modal mengajukan pembiayaan pada mitra Ammana. Kemudian mitra akan melakukan riset untuk melihat kelayakan pembiayaan.
  • Jika telah dinilai dan dinyatakan layak mendapatkan pembiayaan, mitra Ammana akan mengajukan pembiayaan pada Amman. Berikutnya akan diiklankan pembiayaan pada aplikasi Ammana.
  • Pihak pemberi dana akan memilih pembiayaan yang diberikan untuk penerima. Pendana menyetujui akad antara pihak pendana dan mitra Amman lewat aplikasi Ammana. Dalam hal ini Ammana adalah wakil pendana untuk melangsungkan akad.
  • Mitra Ammana melakukan perjanjian akda dengan pihak penerima. Akad mudharabah pun dilaksanakan.
  • Ammana mengirim dana pembiayaan pada rekening penerima
  • Pihak penerima akan mengirimkan bagi hasil atau pokok pembiayaan pada perusahaan Ammana secara rutin setiap bulannya
  • Ammana memberikan bagi hasil pada pihak pendana berdasarkan nisbah yang telah disepakati. Selanjutnya pokok pembiayaan akan dikembalikan pada pendana apabila pembiayaan sudah selesai.

Demikian ulasan tentang skema fintech syariah yang menawarkan produk mudhabarah. Pada dasarnya akad ini bukan hanya satu-satunya akad yang bisa digunakan dalam penerapan fintech syariah. Banyak akad yang digunakan dalam pelayanan fintech syariah tergantung perusahaan fintech masing-masing.