Cover Letter: Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris

Contoh Cover Letter yang Menarik, Cocok bagi Lulusan Fresh Graduate

Cover letter merupakan surat lamaran kerja, cover letter dibutuhkan sebagai surat pengantar ketika mengirimkan email serta CV ke perusahaan yang dilamar. Umumnya di dalam surat lamaran kerja di lampirkan CV dan dokumen lainnya yang diperlukan, surat lamaran kerja seperti undangan untuk membuka CV yang sudah dikirim. Fungsi cover letter selain sebagai surat lamaran kerja juga bisa dipakai untuk beragam tujuan, cover letter juga dapat dipakai menunjukkan diri pelamar yang sebenarnya. Kualifikasi yang dimiliki, dan kontribusi yang bisa diberikan pada perusahaan.

 

Pentingnya Menulis Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Di era globalisasi bahasa Inggris jadi syarat dasar bagi pelamar, dengan mengirim surat lamaran kerja berbahasa Inggris pastinya pelamar punya keunggulan. Keunggulan itu diantaranya:

  1. Membuktikan Ahli Bahasa

Mengirimkan surat lamaran Bahasa Inggris berarti pelamar telah membuktikan kemampuan Bahasa Inggrisnya, pastikan ketika membuat cover letter harus sesuai dengan pengalaman dan pelamar harus mengerti setiap kata yang ditulis. Hal ini jadi nilai plus di bidang keterampilan bahasa, dan juga kreativitas.

  1. Unggul dari Kandidat Lainnya

Ketika pelamar mendaftar pekerjaan, masih banyak pelamar memakai surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia. Kalau pelamar memakai surat lamaran kerja berbahasa Inggris, hal ini merupakan poin plus bagi pelamar karena beda dengan kandidat lainnya.

 

Format Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Sesudah tahu pentingnya membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, langkah berikutnya adalah bagaimana membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris.

Dibawah ini adalah format surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, tapi harus disesuaikan dengan beragam kondisi dan juga pekerjaan yang dilamar. Biasanya surat lamaran bahasa Inggris panjangnya tidak lebih dari 1 lembar A4, sehingga mempermudah rekruter membacanya.

 

Format Cover Letter Bahasa Inggris atau Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Serta Artinya

  1. Contact Information Data Diri

Di bagian pertama surat lamaran kerja pelamar bisa menuliskan nama lengkap, alamat, nomor telepon, alamat email, sosial media.

  1. Greetings atau Salam Pembuka

Menulis diawali dengan salam pembuka, bila pelamar tahu nama rekruter nya bisa langsung “Dear (nama rekruter)”, bila tidak bisa memakai list ini yaitu:

  • “To whom it May concern” atau
  • “Dear Hiring Manajer” atau
  • “Dear Human Resources Manager” atau
  • “Dear Sir or Madam”

Setelah menyapa, pelamar bisa menjelaskan dimana melihat lowongan kerja tersebut. Ini diperlukan oleh perusahaan untuk melihat keefektifan metode rekrutmen, di akhir paragraf gunakan dua atau tiga kalimat guna menjelaskan antusiasme dan kesesuaian pelamar dengan pekerjaan itu.

  1. Motivation atau Alasan Melamar Pekerjaan Ini

Di bagian ketiga dari surat lamaran kerja bahasa Inggris, pelamar harus membentuk hubungan dengan rekruter. Hal ini yang dapat ditulis di bagian motivasi:

  • Alasan pelamar melamar di posisi tersebut.
  • Kecocokan pribadi pelamar dengan budaya perusahaan.
  • Penelitian lebih dalam tentang perusahaan.
  1. Qualification atau Kualifikasi yang Dimiliki yang harus ditulis:
  • Pencapaian terhebat pelamar, pilihlah yang outstanding dan membuat pelamar bersinar.
  • Kemampuan yang relevan di posisi yang akan dilamar.
  • jelaskan kemampuan yang pelamar punya untuk bantu perusahaan.

Tips: jangan menulis kualifikasi seperti menulis deskripsi pekerjaan, pakailah angka guna memperjelas rekruter pencapaian yang sudah diraih dan buktikan bahwa pelamar adalah seseorang yang dapat mengembangkan perusahaan.

  1. Closing atau Salam Penutup

Di bagian akhir surat lamaran kerja pelamar harus menulis rasa terima kasih pada rekruter sebab sudah membaca surat lamaran kerja yang ditulis. Dijelaskan juga kalau ada beberapa dokumen yang pelamar lampirkan seperti CV, portofolio, dan sertifikat lainnya. Di akhir surat lamaran tambahkan sincerely, atau yours sincerely, atau yours, atau kind Regards, atau best regards, atau regards.

 

Demikian tentang cover letter dalam bahasa Inggris, semoga bisa menjadi panduan bagi Anda yang membacanya.