Cara Menulis Lirik Rap

Mengetahui cara menulis lirik rap sedikit berbeda dengan menulis lirik lagu dalam genre lain. Ini terutama karena lirik lagu rap memiliki aliran dan materi pelajaran yang berbeda. Karena kata ‘rap’ aslinya berarti ‘baca cepat’, lagu-lagu rap biasanya dinyanyikan seperti pembacaan puisi atau nyanyian himne. Jadi, tidak semua orang bisa memberi tahu Anda cara menulis lirik rap.

Tidak seperti puisi kata yang diucapkan, rap dilakukan selaras dengan ketukan. Inilah sebabnya mengapa menulis lirik rap bisa sedikit sulit. Lagu-lagu rap biasanya terdiri dari tiga bagian: konten, aliran, dan penyampaian. Menurut buku ‘How to Rap’, aliran dapat dibagi menjadi 3 bagian: rima, skema rima dan ritme atau irama.

Aliran jadul yang relatif sederhana ini diubah oleh artis seperti Rakim dan Big Daddy Kane yang mengubah aliran lagu rap. Rapper masa kini seperti Eminem telah terkenal karena penggunaan skema rima yang kompleks seperti rima internal, rima offbeat, dan rima multisuku kata. Meskipun rima dan ritme mendominasi lagu rap, Anda juga dapat bereksperimen dengan teknik seperti aliterasi untuk mengetahui cara menulis lirik rap.

Aliterasi atau sajak depan, seperti bahasa sehari-hari dikenal, telah banyak digunakan dalam twister lidah seperti “Dia menjual kerang laut di pantai laut” dan nama tim dan nama samaran seperti “Peter Pan” dan “Kentucky Kings” untuk waktu yang lama sekarang. Anda perlu mempelajari teknik seperti menggunakan makna ganda, perumpamaan, dan metafora untuk mengetahui cara menulis lirik rap.

Selain itu, mengetahui untuk memilih subjek dapat membantu Anda mengetahui cara menulis lirik rap. Sementara sebagian besar lagu rap adalah tentang isu-isu seperti kehamilan remaja dan rasisme, ada berbagai tema lainnya. Misalnya, ‘rap Kristen’ mengacu https://m.travelagu.com pada nyanyian tentang topik spiritual dan Kristen sedangkan rap ‘Gangsta’ adalah tentang masa lalu kriminal dan ilegal seseorang.

Rapper sering cenderung mengembangkan kosa kata mereka sendiri. Rapper selalu menggunakan bahasa gaul asli dan internasional untuk membuat lagu mereka terdengar lebih santai dan informal. Dan beberapa seniman, karena kebiasaan mereka memasukkan metafora multi-level, membuat kata-kata baru setiap hari.

Mempelajari cara menulis lirik rap mirip dengan mempelajari cara menulis jenis tulisan lain. Misalnya, jika Anda ingin belajar menulis novel, Anda harus banyak membaca novel. Jika Anda ingin belajar menulis skenario, bacalah banyak skenario dan tonton film secara kritis. Demikian pula, untuk memahami cara menulis lirik rap, dengarkan lagu-lagu rap dan analisis kata-kata dan strukturnya.