Cara Membuat Kain Gorden Tanpa Mesin Jahit

Bagi yang mempunyai banyak ide bisa menuangkannya untuk mendapatkan hasil sebuah produk atau jasa yang tercipta. Salah satunya adalah ketika membutuhkan kain gorden yang ada di rumah, Anda tidak harus selalu membeli kain gorden jadi yang baru tetapi memilih untuk memanfaatkan bahan yang ada di rumah. Membuat kain gorden juga sangat mudah karena tidak perlu menggunakan mesin jahit. Sehingga bagi yang tidak mempunyai mesin jahit di rumah tetap bisa berkreasi untuk membuat gorden yang dibutuhkan dan digunakan di rumah sendiri.

Kain gorden sendiri merupakan pemanis ruangan yang bisa bermanfaat untuk menambah nilai estetika ruangan. Dengan menggunakan gorden yang tepat dapat membuat ruangan tersebut lebih manis, atau bisa sesuai dengan tema ruangan tersebut. Ketika memilih gorden juga perlu menyesuaikan dengan tema ruangan karena banyaknya pilihan motif, warna, dan ukuran yang tersedia. Perhatikan berbagai hal tersebut juga untuk bisa membuat gorden yang sesuai dengan kebutuhan.

Bagi yang akan membuat kain gorden sendiri di rumah bisa menyiapkan berbagai hal berikut ini:

Langkah pertama adalah mendapatkan ukuran jendela yang akan dipasangi gorden di rumah. Pastikan sudah mempunyai ukuran jendelanya, sehingga bisa membuat kain gorden dengan ukuran yang tidak kebesaran ataupun terlalu kecil.

Selanjutnya siapkan double tape yang ada di rumah.

Siapkan juga gunting.

Siapkan penggaris.

Siapkan pensil.

Siapkan grommet tape atau juga pita smoke ring.

Siapkan grommet atau smoke ring.

Terakhir perlu siapkan setrika yang ada di rumah.

Setelah menyiapkan berbagai bahan di atas dan juga mempunyai ukuran jendela yang akan dipasang gorden, langkah membuat kain gorden tanpa kain jahit yang dapat dilakukan yaitu:

Langkah pertama adalah dapat untuk memotong kain yang disiapkan sesuai ukuran jendela yang akan dipasang gorden. Ketika memilih kain gorden juga pastikan menyesuaikan dengan warna dan motif yang diinginkan dan konsep ruangan.

Selanjutnya lipat dan lem ujung kainnya. Baru panaskan menggunakan setrika hingga membuatnya dapat menempel sempurna.

Selanjutnya lipat bagian atas kain tersebut dan pasangkan dengan lem ataupun double tape yang telah disiapkan.

Selanjutnya ukur pita smoke ring dengan lebar kain dan berikan tanda untuk selanjutnya diberi tanda dan di lubangi.

Potong bagian yang telah diberi tanda dengan pencil dan terakhir baru tempelkan smoke ring pada gorden yang telah jadi dibuat sendiri di rumah.

Lima langkah di atas merupakan cara mudah membuat kain gorden yang ada di rumah. Anda bisa membuatnya dengan mudah tanpa perlu menggunakan mesin jahit dan perlu barang-barang yang repot dan semuanya bisa ditemukan atau dibeli dengan mudah. Atau selain membuat kain gorden sendiri, di pasaran juga ada banyak sekali produk gorden yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau dan banyak motif yang diinginkan.