asal mula durian Musang King

benar-benar terkenal di negara aslinya Malaysia, Singapura dan sekarang di Indonesia. Bahkan juga sekarang mulai masuk ke pasaran Eropa bahkan juga Amerika. Saat sebelum anda beli durian musang king, sebaiknya anda ketahui asal mula dan ciri- cirinya supaya tidak salah membeli.

 

Durian yang relatif baru keberadaannya ini populer sedap, berdaging buah tebal, biji kecil, manis dan legit. Karena sangat sedapnya, ketenaran durian ini sekarang berkompetisi dengan Durian Montong asal Thailand yang sudah terkenal lebih dulu.

 

Lalu, bagaimana asal mula durian Musang King ini?

Durian Musang King sebelumnya dikenali bernama durian “Mao Shan Wang” yang maknanya raja kucing. Durian ini pertama kalinya diperkenalkan tahun 1990 an.

 

Selanjutnya tahun 1993 ada seorang masyarakat namanya Wee Chong Beng mendaftar durian ini sebagai durian unggul dan dinami Raja Kunyit. Nama ini dipasangkan karena durian ini mempunyai warna daging kuning seperti kunyit. Dikutip dari Durian Musang King Salaman.Sekitaran tahun 1990-an di teritori Tanah Merah di Kelantan Malaysia sempat ramai karena pohon durian di teritori ini hasilkan buah yang berkualitas. Warna dagingnya kuning, tebal, halus, manis sedikit pahit dan mempunyai biji yang kecil dan tipis. Tidaklah aneh 80% dari buah durian ini ialah daging buah.

 

Mayoritas masyarakat selanjutnya mengatakan durian Raja Kunyit Musang King. Panggilan musang king ini diikutkan karena lokasi Jual pohon Besar induknya ada di dekat Gua Musang yang ada di Kelantan, Malaysia.

 

Durian Musang King Mulai Terkenal

Tidak berapakah lama selanjutnya, durian ini segera jadi omongan beberapa orang. Petani di Malaysia selang beberapa saat secara bersama-sama menanam Bibit Durian Musang King. Di tahun 2000 pohon durian ini mulai berbuah dan bisa dipanen.

 

Hasil panen dengan kualitas durian yang konstan membuat komunitas durian musang king ini makin mengalami perkembangan. Faksi Kementerian Pertanian Malaysia bahkan juga telah menulis varietas durian ini sebagai varietas durian ke-197. Akhirnya buah ini mendapatkan code D-197.

 

Karena kwalitasnya yang terjaga, pencinta dan pencinta durian tidak enggan merogok kantung dalam-dalam untuk dapat nikmati durian ini. Ya, harga durian musang king sesuai dengan kwalitasnya dan termasuk tinggi.

 

Harga dapat naik ketika telah datang di negara luar Malaysia. Karena sedikit susah mengirimi durian ini karena wewangiannya yang paling tajam hingga susah bisa lolos dari ketentuan lapangan terbang.

 

Di Malaysia sendiri saja harga perkilo durian ini capai RM 125 (RP 445.700) pada Maret kemarin. Tetapi beritanya, panen yang banyak membuat durian ini turun harga di range angka RM 50 (Rp 78.200) sampai RM 65 (Rp 231.000).

 

 

Di Indonesia sendiri durian musang king masih termasuk sangat jarang dan harga tinggi. Cuman penjual buah besar dan supermarket buah saja yang sediakan durian ini. Biasanya dipasarkan pada kondisi beku.Harga relatif tinggi, apa sich keunggulannya?

 

Daging buah musang king mempunyai keunikan diantaranya dagingnya yang warna kuning, teksturnya halus creamy dan tidak memiliki serat. Untuk rasanya, musang king terkenal dengan rasa manis legit dengan sedikit semburat pahit. Ini benar-benar dicintai oleh beberapa fans durian

 

Jadi harga relatif tinggi dikaren;-) akan dua hal di atas yakni sangat jarang dan rasanya yang mak nyos.. yok nantikan apalagi kita coba yok

Sumber : Tukang Pohon