4 Tips Memanage Keuangan di Awal Tahun Bersama Pasangan

8 Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun Bersama Pasangan

4 Tips Memanage Keuangan di Awal Tahun Bersama Pasangan

 

Forum Media Informasi – Apa resolusimu di tahun 2022? Hidup lebih teratur, bahkan dalam hal keuangan? Jangan hanya sekedar resolusi, kamu harus bisa mengatur keuanganmu lebih baik dari tahun sebelumnya. Mengelola keuangan sangatlah penting, berapapun penghasilan Anda, jika pengeluaran tidak terkendali, jelas Anda akan kesulitan.

 

Apalagi jika Anda sudah menikah, pengeluaran tidak hanya terfokus pada Anda karena Anda sudah memiliki cukup tanggungan. Tidak hanya Anda, pasangan juga harus dilibatkan saat ingin membuat rencana keuangan.

 

Nah, agar keuangan tidak ‘kewalahan’ di tahun baru, berikut 4 Tips Memanage Keuangan di Awal Tahun Bersama Pasangan yang wajib Anda lakukan.

 

1. Siapkan rencana anggaran

Membuat rencana anggaran adalah langkah yang sangat penting jika Anda ingin mengendalikan keuangan Anda. Bicarakan dengan pasangan Anda tentang hal ini. Perinci pengeluaran rutin setiap bulan, misalnya, tagihan listrik, tagihan air, pembayaran rumah dan kebutuhan lainnya. Menetapkan anggaran setiap bulan juga akan membantu Anda melacak pengeluaran Anda.

 

2. Memiliki tujuan keuangan

Salah satu tujuan finansial yang ingin dicapai pasangan menikah adalah membeli rumah pribadi. Nah, jika Anda juga memiliki tujuan yang sama, cobalah untuk mewujudkannya tahun ini. Memiliki tujuan keuangan juga dapat membuat pengeluaran lebih terkendali.

 

Apakah Anda sudah memiliki tempat tinggal pribadi? Pertimbangkan tujuan lain yang tidak kalah penting, seperti menghemat biaya pendidikan anak Anda. Jangan lupa untuk melibatkan pasangan Anda dalam perencanaan ini.

 

3. Catat semua pengeluaran dan pemasukan

Tips mengatur keuangan di awal tahun bersama pasangan selanjutnya adalah mencatat semua pengeluaran dan pemasukan. Ini bisa menjadi catatan bagi Anda dan pasangan berapa banyak yang Anda keluarkan dalam sebulan dan sebanding dengan pendapatan.

 

Jangan sampai ada yang tertinggal, mencatat semua pengeluaran dan pemasukan juga bisa membantu Anda mengetahui pengeluaran mana yang bisa dihilangkan, untuk meminimalisir ‘jedanya’ keuangan di rumah.

 

4. Sisihkan penghasilan untuk dana darurat

Anda dan pasangan sebaiknya menyiapkan dana darurat. Benar, ini sangat penting karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Misalnya, biaya pengobbatan darurat, biaya tak terduga dan lain-lain.

 

Apalagi setelah dihantam keras oleh pandemi COVID-19, sepertinya kita menyadari bahwa kondisi ideal bisa berubah dengan sangat cepat. Situasi sulit, terutama dalam hal ekonomi, benar-benar berliku-liku dan bahkan melumpuhkan banyak orang secara instan. Oleh karena itu, menetapkan dana darurat yang harus Anda dan pasangan perhatikan.

 

Semoga informasi ini bermanfaat